Jumat, 28 Januari 2011

PLURALISME

pengertian
pluralisme berasal dari dua kata,yaitu "plural" yang dapat di artikan sebagai kemajemukan atau keberagaman,sedangkan "isme" memiliki arti suatu paham atau keyakinan.jadi dapat di simpulkan bahwa pluralisme mempunyai arti paham yang mentoleransi sebuah keberagaman dan kemajemukan pemikiran,peradaban,agama dan budaya yang berkembang di dunia islam.dalam konteks ini pluralisme di bagi menjadi dua wilayah,yaitu "profan" dan "sakral".dari kedua perbadaan tersebut banyak sekali fenomena-fenomena yang terjadi dan sering kita jumpai dalam kehidupan sehari- hari.hendaknya kita sebagai insan mulia bisa meneropong manakah yang harus kita ikuti serta mana yang harus di amalkan dan mana yang harus di tinggalkan.
dalam kaitannya materi ini sudah di jelaskan dengan gamblang di dalam al Qur'an surat Al-Hujurat ayat 13 yang artinya sebagai berikut
"hai sekalian manusia,sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan,dan kami jadikan kau berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenalsesungguhnya semulia-mulia kamu di sisi Allah adalah yang lebih taqwa diantara kamu".
dari ayat tersebut sangatlah jelas bahwa sesungguhnya kita umat manusia di ciptakan di muka bumin ini dengan berbagai latar belakang yang berbeda-beda dan dengan paham yang berbeda pula.hendaknya dari keberagaman tersebut kita bisa memehami bahwa pluralisme juga penting di perlukan di era yang penuh modernisasi ini.

5 komentar:

  1. Dhia ulmilla (10470037)
    pluralisme saat ini menjadi isu yang sangat fenomenal ditengah-tengah masyarakat karena ini menjadi sebuah pembicaraan yang tidak ada habisnya.

    BalasHapus
  2. Ghulamul Mustofa (10470010)
    dengan adanya pluralisme janganlah sampai kita sebagai insan mulia kaget dan tercengang dengan adanya berbagai fenomena-fenomena yang muncul.pluralisme begitu penting di perlukan sebagai bahan pertimbangan jika ada sesuatu yang di anggap destruktif karena dengan munculnya kejadian tersebut akan menimbulkan beranekaragaman dalam perkembangan dunia islam.

    BalasHapus
  3. fajar datik wahyuni (10471003)
    pluralisme adalah keragaman, ii membuat kita bisa menghargai orng lain, keragaman akan membuat kita semakin kaya budaya.

    BalasHapus
  4. menurut pendapat kami,dengan adanya pluralisme maka kita bisa menghargai kemajemukan, dan kita tidak merasa bahwa kita yang paling benar , karena sesungguhnya perbedaaan itu adalah rahmat yang seharusnya kita syukuri....

    BalasHapus