Kamis, 27 Januari 2011

PENDEKATAN SOSIOLOGI

pendekatan sosiologi adalah mendekatkan gejala kemasyarakatan. masyarakat adalah kumpulan manusia. dalam suatu masyarakat harus mempunyai sebuah sistem produksi, sistem produksi adalah suatu sistem menuju peradapan.

cara-cara mempelajari masyarakat adalah :
1. interaksionaisme ( melihat masyarakat melalui kunci nya, atau masyarakat kunci nya), tokoh : max weber
Exs:untuk mencari seorang yang di anggap sangat penting dalam suatu organisasi atau perkumpulan maka kita cukup bertanya kepada juru kunci,seperti kepala desa,ketua RT,Kiai dll.
2. fungsionalisme (dalam masyarakat terdapat organ-orgab masyarakat), tokoh : emile durhkim
Exs:pada wilayah ini yang berperan adalah langsung kepada individu yang bersangkutan,misalkan seseorang itu berprofesi sebagai seorang petani,buruh,guru,karyawan,dll.
3. pola konsumsi ( mempelajari masyarakat tergantung pola konsumsi nya), tokoh : Anthoni gidden)
Exs:Yogyakarta di samping terkenal sebagai kota budaya,juga di jadikan sebagai pusat kota pelajar,maka tidak heran jika seorang tukang becak setiap pagi selalu memburu berita lewat media cetak seperti membaca koran sambil menunggu penumpang.

sosiologi dalam ilmu:
1. interaksi sosial
2. fakta sosial
3. perubahan sosial

4 komentar:

  1. Ghulamul Mustofa (10470010)
    dalam kehidupan di dunia ini kita tidak akan bisa terlepas dengan yang namanya masyarakat.begitupun juga kaitannya dengan islam ada beberapa pendekatan yang di lakukan lewat masyarakat.adapun pada pendekatan ini haruslah di mantapkan dengan adanya sistem produksi untuk mencapai sebuah peradaban yang abadi bagi perkembangan dunia islam.

    BalasHapus
  2. dengan adanya pendekatan sosiologi maka kita akan bisa memahami kondisi masyarakat sehingga hidup masyakat lebih tentram, damai dan sejahtera,,, dan jiwa sosial terhadap orang lain lebih baik...

    BalasHapus