Jumat, 28 Januari 2011

Hak Asasi Manusia (HAM)

hak asasi manusia merupakan hak-hak yang melekat pada manusia yang tanpa dengannya manusia mustahil dapat hidup sebagai manusia,jadi manusia itu di titahkan dalam keadaan yang sama bahwa manusia di karuniakan oleh Tuhan Yang Maha Esa.
dalam pandangan islam di bagi dalam dua kategori yaitu; "huquq Allah" dan "huquq al ibad".Huquq Allah (hak-hak Allah)adalah kewajiban-kewajiban manusia terhadap Allah yang di wujudkan dalam berbagai ritual ibadah,sedangkan huquq al ibad (hak-hak hamba) merupakan kewajiban-kewajiban manusia terhadap makhluk-makhlik Allah lainnya.
dalam segi huquq al ibad HAM dapat di lihat dalam dua pengertian,yaitu:
1HAM yang keberadaannya dapat secara langsung di laksanakan oleh suatu negara,jenis hak ini biasa di sebut sebagai hak legal.
2.HAM yang keberadaannya tidak secara langsung dapat di laksanakan oleh suatu negara,jenis hak ini di sebut hak moral.
ide HAM bersumber pada falsafah hukum alam sejak seorang manusia lahir,pada dirinya tertanam sudah hak tersebut.orang tidak memperoleh itu dari pemerintah dan tidak seorangpun manusia yang memberikan hak tertentu pada manusia lainnya.pendapat ini sesuai dengan teori hukum alam yanh di kemukakan oleh john locke yang berbunyi "Hukum alam adalah aturan-aturan tingkah laku manusia di dalam keadaan hukum alam ini ketertiban dan perdamaian sudah terdapat.manusia mempunyai hak-hak tertentu.
posisi perempuan dan non-muslim:
perempuan
1.perempuan sama dengan satu laki-laki dalam hukum waris
2.di timur tengah ada larangan bahwa seorang perempuan di larang menyetir mobil sendiri.
non-muslim
1.diskriminasi dalam hak-hak partisipasi politik.
2.adanya persamaan di muka hukum.

4 komentar:

  1. Dhia ulmilla (10470037)
    islam sangat menghargai adanya hak asasi manusia,terlihat dari begitu banyaknya ayat al-Qur'an yang menerangkan tentang hak-hak asasi manusia seperti Q.S al-isro' 33 tentang hak hidup dan perlindunganya."dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah, kecuali dengan sesuatu yang benar."

    BalasHapus
  2. Ghulamul Mustofa (10470010)
    Hak Asasi Manusia (HAM) merupakan suatu anugerah yang di berikan kepada setiap manusia mulai dari lahir,dengan adanya HAM maka di harapkan bisa mengendalikan diri agar tetap dalam satu wilayah kekuasaan.dalam kaitannya dengan islam HAM pastinya di junjung tinggi agar tidak di rampas oleh individu lainnya.sehingga di samping bisa menjalankan haknya kepada sesama manusia akan tetapi juga harus bisa mengondisikan untuk selalu melaksanakan haknya kepada Allah SWT.

    BalasHapus
  3. fajar datik wahyuni (10471003)
    HAM adalah hak asasi yang dimiliki orang sejak dia lahir dan ini sangat dijunjung oleh islam. islam sangat , menghargai HAM karena HAM adalah mutlak.

    BalasHapus
  4. dengan adanya ham maka hak-hak asasi manusia akan terlindungi dan akan lebih terjamin sehingga kehidupan masyarakatnya akan lebih tentram dan damai....karena mereka merasa bahwa hak merasa terlindungi..

    BalasHapus