Kamis, 27 Januari 2011

PENDEKATAN SEJARAH

inti pendekatan sejarah adalah sebuah kejadian sebagai gejala dinamika dan perubahan. sejarah melihat sesuatu dari sisi perubahan-perubahnnya. orang budha menganggap sejarah adalah reinkarnasi. sejarah digali untuk kita bisa menengok kebelakang untuk menuju masa depan. dalam kaitannya hal ini dapat kita menganalogikan sebuah spion kaca mobil maupun motor,yakni pelajaran yang dapat kita ambil dari kasus tersebut bahwasannya jika ingin melangkah ke depan maka haruslah selalu waspada dengan menengok ke belakang agar bisa mencapai sebuah kemajuan.
dalam hubungannya dengan sejarah islam bahwa:
1.orang modernisasi jika ingin maju selalun menengok ke belakang terlebih dahulu,dengan metode seperti itu maka beban sejarah akan tetap melekat,dan golongan yang mengikuti dan mengamalkan ajaran ini adalah faham Ahlus Sunnah Wal Jama'ah atau orang-orang Nahdlatul Ulama.
2.sedangkan orang modernisasi beranggapan bahwa mereka harus tetap maju ke depan tanpa melihat kondisi sejarahnya terlebih dahulu dengan mempertimbangkan beberapa faktor dan mereka dengan enaknya meninggalkan beban sejarah begitu saja dan golongan yang mengamalkan ajaran ini adalah aliran muhammadiyah.
periodinasi dimana sejarah dijadikan fase (periode-periode) tertentu.
kategorisasi dimana sejarah dijadikan trend sendiri dan tidak berurutan.
Exs:Ushuluddin,orientalis,studi islam.
bersifat azitoris->terdiri dari kaum kyai,santri,dan golongan abangan.
dari perbadaan islam murni di kalangan pedesaan di atas meraka beranggapan bahwa sejarah itu bersifat perspektif terhadap kemajuan zaman.

5 komentar:

  1. Ghulamul Mustofa (10470010)
    pendekatan sejarah dalam mengarungi pemahaman studi islam sangat berperan aktif bagi semua kalangan di berbagai sektor,dengan adanya sejarah terdahulu maka beban itu akan selalu terkenang dan di amalkan banyak orang.untuk melangkah ke depan kita harus tahu terlebih dahulu fakta kejadian yang muncul.sehingga dalam pendekatan sejarah kita harus selalu meneropong semua peristiwa yang telah terjadi.

    BalasHapus
  2. fajar datik wahyuni(10471003)
    pendekatan sejarah membuat kita bisa mengetahui bagaimana perjuangan orang sebelum kita dalam menegakkan sesuatu agar menjadi lebih baik, sejarah membuat kita menjadi lebih baik, semakin maju jika kita mau melihat kebelakang.

    BalasHapus
  3. dengan adanya pendekatan sejarah maka kita akan bisa melangkah ke depan dengan cara melihat pengalaman yang tela terjadi di masa lalu, sehingga pengalaman itu kita jadikan pelajaran untuk menghadapi masa depan yang lebih baik...

    BalasHapus
  4. ukie safitry (10471005)

    dengan mengetahui pendekatan sejarah kita lebih bisa menghargai apa yang ada di depan kita sekarang,karena sejarah memperlihatkan kepada kita bagaimana gigihnya perjuangan para leluhur kita untuk hanya untuk mempertahankan bangsanya.

    BalasHapus