Kamis, 21 Oktober 2010

sejarah perkembangan study islam

PENDAHULUAN
sejarah perkembangans studi islam di tiga wilayah yakni :
1. Dunia islam
2. Di dinia barat
3. Di indonesia
sisi kelembagaan perkembangan studi islam berkembang dari sorogan dan halaqoh,ada juga ilmuan yang menyebut bahwa bentuk awal lembaga pendidikan tinggi islam adalah al-jami`ah.
kuttab ada 2 jenis yakni kuttab yang berfungsi sebagai tempat untuk mengajarkan baca- tulis dan kuttab sebagai tempat untuk mengajarkan alqu`an dab dasar-dasar agama islam ada juga yang mebmbagi kuttab menjadi 2 jenis lain yakni : 1. kuttab sekular,dimana diajarkan tata bahasa ,sastra dan aritmatika,dan 2. kuttab agama yang khusus mempelajari materi agama.
Untuk mengetahui perkembangan studi islam di dunia barat diuraikan lebih dahulu sejarah persentuhan islam dengan barat,dikelompokan 2 fase yaitu:
1.fase ketika islam memegang kejayaan 
2. Fase ketika islam jatuh dan runtuh 
Adapun sejarah studi islam di Indonesia dimulai dengan tradisi belajar kepada ulma-ulama yang pada umumnya adalah pedagang. Kemudian bentuk ini berlanjut dengan sistem langgar dimana murud-murid bertemu guru di langgar Dari sini kemudian muncul pendidikan pesantren.


2. Perkembangan studi Islam di dunua muslim
Akhir periode Madinah sampai dengan 4 H,fase pertama pendidikan Islam sekolah masih di masjid-masjid dan rumah-rumah dengan ciri hafalan. Selama abad ke 5 H. selama periode khalifah Abbasiyah,sekolah-sekolah didirikan di kota-kota dan mulai menempati gedung-gedung besar. Berdirinya sistem madrasah adalah di abad 5 H. atau abad 11 M. ini justru menjadi titk balik kejayaan sebab madrasah di biayai negara. Kemudian madrasah menjadi alat penguasa untuk mempertahankan doktrin-doktrin terutama oleh krajaan Fatimah di Kairo.
Pengaruh Al Ghozali (1085-1111 M) disebut sebagai awal pemisahan ilmu agama dengan ilmu umum,bahkan terkesan terjadi dikotomi. Ada beberapa kota yang menjadi pusat kajian islam di zamanya yakni: Nisyapur,Baghdad,Kairo,Dmaskus,dan Jerussalem.

Ada 4 perguruan tinggi di dunia Muslim,yaitu:
1. Nizamiyah di Baghdad
2. Al-Azhar di kairo
3. Cordova 
4. Kairwan Amir Nizam Al-Muluk di Maroko


3. Perkembangan Studi Islam di Barat
 
Kontak islam di Barat dapat di kelompokkan menjadi 2 fase,yaitu:
1. Dimasa kejyaan islam (abad ke 8)
2. Di masa Renaisance (abad 16)

a.Fase kejayaan Muslim 
Sejumlah ilmuan dan tokoh-tokoh barat datang ke sejumlah perguruan tinggi muslim untuk memperdalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Kontak dunia Muslim dengan dunia barat pada fase pertama adalah penyalinan manuskrip-manuskrip ke dalam bahasa latin sejak abad ke 13 M hingga bangkitnya zaman kebangunan (Renaissance) di Eropa pada abad ke 14. Berkat penyalinan karya-karya ilmiah dari manuskrip-manuskrip arab itu, terbukalah jalan bagi perkembangan cabang-cabang ilmiah tersebut di Barat.
b. Fase runtuhnya Muslim
Gambaran kontak Muslim dengan dunia barat pada periode ke 2yang berlangsung selama abad Renaissance (Eropa ) menguasai dunia untuk mencari mata dagangan,komersial dan penyebaran agama. Kedatangan muslim fase ke 2 ke dunia Barat, Dilatar belakangi oleh 2 alasan pokok yakni:
1. Alasan politik 
Alasan politik adalah kesepakatan kedua negara,yang satu sebagai bekas penjajah,sementara yang satunya sebagai bekas jajahan.
2. Alasan ekonomi
Alasan ekonomi adalah untuk mencukupi tenaga buruh yang di butuhkan negara-negara Eropa Barat.
Katagori Mulim yang ada di Eropa barat ada 2,yaitu:
1. Pendatang 
2. Penduduk asli
dari kategori tersebut di bagi menjadi 3 kelompok:
1. orang asli yang masuk islam (Muslim Convertion)
2. Keturunan dari muslim asli yang sudah lama tinggal di Eropa barat 
3. Muslim yang kembali menemukan agama asli
Muslim yang tinggal di Eropa Barat dikelompokkan menjadi 4 kelompok:
1. Konfessionals yaitu mereka yang melaksanakan ajaran agama islam yang bukan sekedar agama.
2. believers mereka yang menerima islam sebagai agama tanpa melaksanakan kewajiban -kewajiban agama islam
3. Liberals mereka yang attack great value dalam sejumlah aspek dari nilai-nilai etik dan filosofi Islam.
4. Agnosticists yakni mereka yang tidak percaya dengan keimanan dan menolak agama sebagai dasr kehidupan sosial dan budaya pada umumnya.


Studi islam di negara-negara non muslim dibagi menjadi 2:
1. Berdasarkan dosen yang mengajarkan
a. Tenaga pengajar yang beragama Islam
b. Tenaga pengajar non muslim(orientalis)
2. Berdasarkan institusi 
Para orientalis dapat di kelompokan berdasarkan bidang keilmuan yang di tekuni. Secara umum dibagi menjadi 2 kelompok besar: 
a. Missionaris
Para sarjana barat yang ketika mengkaji al-qur'an memakai kacamata ajaran kristen,bahkan mempunyai misi tertentu.
b. Akademik
para ilmuan yang mengkaji al-qur'an berdasar dan mempunyai motivasi ilmu murni (motivasi akademik).

4. Perkembangan Studi Islam di indonesia
Sistem pendidikan islam di Indonesia mulai dari sistem pendidikan:
a).langgar 
b).Pesantren
c).Kerajan-kerajaan islam
d).Kelas
sistem pendidikan langgar adalah pendidikan yang dijalankan di langgar atau surau atau masjid atau rumah guru dengan menggunakan kurikulum yang bersifat elementer (mempelajari abjad huruf arab)
Sistem pendidikan pesantren dapat diidentikan dengan huttab,yaitu seorang kyai mengajari santri dengan sarana masjid sebagai tempat mengajar. Di pesantren juga berjalan 2 cara yaitu,sorogan dan khalaqah. sistem pengajaran berikutnya adalah pendidikan kerajaan-kerajaan islam,yang dimulai pertama; kerajaan Samudra Pasai di Aceh,kedua; kerajaan Perlak di selat Malaka ,ketiga; kerajaan Aceh Darussalam, ke empat; Kerajaan Demak,kelima;Kerajaan Islam Mataram, keenam;kerajaan islam di banjarmasin.
Mulai akhir abad ke 19 perkembangan pendidikan islam di indonesia,mulai lahir sekolah model Belanda,sekolah Eropa dan sekolah vernahuller. Kemudian dasawarsa kedua abad 20 muncul madrasah dan sekolah-sekolah model belanda oleh organisasi islam seperti:
Muhammadiyah,nahdlatul Ulama.







3 komentar:

  1. fajar datik wahyuni (10471003)
    perkembangan islam tidak hanya terjadi di dunia timur tapi juga di dunia barat. dan perkembangan lembaga-lembaga islam dimulai dari yang paling sederhana sampai lembaga yang besar seperti perguruan tinggi.

    BalasHapus
  2. aufa(10470010)
    sejarah perkembangan studi islam yang terjadi di era ini sangatlah menakjubkan bagi muslim di dunia, pasalnya dengan kemajuan yang terjadi dapat menambah wawasan serta motivasi yang kuat bagi insani dalam mempertebal pengetahuan tentang kemajuan-kemajuan yang terjadi dalam dunia islam.

    BalasHapus
  3. dhia ulmilla/10470037
    Perkembangan studi islam menunjukan bahwa islam itu dinamis.

    BalasHapus