Jumat, 29 Oktober 2010

PEMIKIRAN KRITIS

Cara berpikir manusia ada 3 menurut para ahli , adalah :
1. menurut henry giroux
orang berpikiran supranaturalis maka orang tersebut akan menjadi orang magis atau orang yang berpikiran magic (menganggap alam begitu dekat) . sedangkan orang yang berpikiran naturalis maka dia akan menjadi orang yang naif ( orang over optimisme yang tidak berakar. kesadaran krirtis adalah orang yang sering berbicara ligas, apa adanya, pntar, cerdas dan tidak mengada ada. kesadran kritis memenyebabakan seseorang menjadi serba ingin tahu dan akan menyebabkan kritikkan.

2. menurut Fazlurrahman
agar pikirab jernih maka kita harus mempelajari tentang kritik sejarah karena manusia tidak bisa berkembang tanpa adanya kritik sejarah. kritik sejarah adalah belajar dari masalalu yang diambil sisi baik nya untuk masa kini dan dari masa kini belajar dari masa lalu.
contohnya : pada zaman rosullullah jenggot adalah untuk menunjukkan keyangguhan seorang lelaki, tapi pada zaman sekarang untuk menunjukkan kejantannan seorang lelaki tidak harus dengan memanjangkan jenggot, bisa dengan badan yang kekar, dan bagus. ada juga tentang perbudakan, bedanya perbudakkan pada zaman sebelum rosllullah dengan sesudah rosullullah adalah, pada zaman sebelum rosullullah hidup mati seorang budak ada ditangan majikan tapi setelah zaman rosullullah beda, pada masa nya rosullullah berusaha kuat untuk menghapuskan perbudakkan. tapi cara menghapuskannya tidak secara langsung karena perbudakkan pada masa itu adalah sistem ekonomi di negara itu.

3. Mansyur fiqh (liberasi)
menurut nya islam tertindas karena kebodohannya sendiri. untuk melepaskan diri dari dominasi maka perlu dilakukan liberalisasi ( pembebasa). liberalisasi mendorong kita untuk berpikiran kritis, berpikir kritis adalah dapat mengkritik sesuatu dan membenarkan yang salah.

4. Attiyah al-abrosy
universalisme islam adalah agar orang islam tidak menang sendiri dan menyadari bahwa islam itu unversal. mengakui bahwa islam ada dimana-mana tidak hanya jumud yaitu berpikiran bahwa tradisinua menang sendiri dan paling benar ini tidak akan membuat kita berpikiran kritis.

3 komentar:

  1. fajar datik wahyuni (10471003)
    pemikiran kritis sangat dibutuhkan untuk saat ini dan orang-orang islam harus bisa berpikiran kritis mulai saat ini agar tidak ada perpecahan disntara orang islam. berpikiran kritis membuat kita bisa menghargai orang lain dan kita tidak ketinggaln informasi bahwa islam itu tidak hanya di negara kita dan negara timur tapi bahkan ada di negara barat.

    BalasHapus
  2. dhia ulmilla (10470037)
    pemikiran kritis diperlukan agar orang-orang islam jaman sekarang tidak merasa paling benar sendiri dan tidak hanya melulu berkutat pada dunianya sendira saja akan tetapi coba gunakan kacamata orang lain agar dapat melihat dirinya sendiri dari luar.

    BalasHapus
  3. GHULAMUL MUSTOFA(10470010)
    dengan berkembangnya luasnya zaman banyak sekali gejala-gejala yang terjadi,maka diperlukanlah sebuah jalan yang pantas untuk di jadikan sebagai pegangan dan salah satu alternatif yang bisa digunakan yakni dengan sebuah pemikiran yang kritis sehingga di harapkan bisa membantu menyelesaikan sebuah problem empirik keislaman.

    BalasHapus