Rabu, 10 November 2010

THE HISTORY OF QUR'ANIC TEXT(bahan diskusi kelas)

1.SEJARAH PERKEMBANGAN AL-QUR'AN
Zaman dahulu al-qur"an tidak di bukukan tapi menganalkan ingatan para shahabat, baru setelah perang yamamah pada masa shahabat Abu bakar,banyak penghafal al-qur'an yang meninggal duni,beliau kuatir akan hilangnya al-qur'an kemudian Abu Bakar mengumpulkan para penghafal al-qur'an yang masih tersisa dan menunjuk Zaid bin Tsabit sebagai penulisnya. Alasan memilih Zaid bin tsabit karena beliau mencerminkan kekuatan,fitalitas yang tinggi,akhlak yang mulia, kecerdasanya dan pengalamanya sebagai penulis wahyu, slain iti,Zaid juga pernah mendengar Rosulullah denga malaikat jibril bertadarus bersama. Zaid d instruksikan oleh Abu Bakar agar sebelum menulis al-qur'an setidaknya harus ada 2 saksi. zaid tidak hanya menulis, akan tetapi dia juga mengecek dengan hafalanya dan dengan hafalan shahabat-shahabat lainya.
2.SEJARAH KITAB-KITAB BIBLIKAL

3. KAJI ULANG RISET ORIENTALIS
kaum orientalis adalah orang barat yang mengkaji dunia islam dengan tujuan mencari kelemahan agama islam.

3 komentar:

  1. Ghulamul Mustofa (10470010)
    Al qur'an merupakan kalamullah yang wajib kita jaga dan di lindungi dari orang-orang yang ingin merusak serta melakukan tindakan yang bersifat merugikan warga orang islam.sebagai orang islam sejati kita harus bisa memahami serta mengamalkan segala isi kandungan yang termaktub dalam kitab suci kita.banyak sekali pendapat-pendapat yang beredar untuk menghancurkan dunia islam bahkan beberapa saat yang lalu ada seorang yang bermaksud membakar kitab suci Al qur'an ini,lalu apa akibatnya??? sungguh kekuasaan Allah lah yang bisa merubahnya al hasil sebelum orang tersebut membakarnya nywanya di cabut terlebih dahulu.

    BalasHapus
  2. fajar datik wahyuni (10471003)
    ini adalah sejarah berkembangnya islam, islam tidak langsung bisa diterima orang di dunia tapi butuh kerja keras dan usaha agar islam bisa berkembang.

    BalasHapus